Wednesday, May 22, 2013

AL-QUR’AN TEROPONG TAJAM MAHA SEMPURNA

AL-QUR’AN TEROPONG TAJAM MAHA SEMPURNA

Petunjuk Dalil
Dengan mengamati petunjuk firman dalam Surah Al Qoshosh ayat 85-86, yaitu :
 

85. Sesungguhnya (Allah) yang mewajibkan atas kamu (untuk mengajarkan) Al Quran ini secara pasti  akan mengembalikan kamu ke tempat kembali. Katakanlah: "Rabbku mengetahui kepada siapa yang datang  membawa petunjuk dan orang yang dalam kesesatan yang nyata".
86. Dan kamu tidak pernah mengharap agar Al Quran diturunkan kepadamu, tetapi ia (diturunkan) karena suatu rahmat yang besar dari Rabbmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu menjadi penolong bagi orang-orang kafir.

Pengkajian Dalil

Dalam perngertian ringkas daripada ayat-ayat tersebut, mengingat:
a.    Perkataan “alladzi farodho`alaikal Qur’ana” adalah merupakan perintah Allah dalam kedudukan hukum “wajib”. Dengan itu maka Allah menetapkan perintah dalam bentuk mutlaq terhadap kedudukan “tadabbur al Qur’an” atas umatnya. (QS:An-Nisa,4 ayat 82), karena “inilah satu-satunya penyajian” bagi hamba yang beriman.
b.    Dengan bertadabbur maka Allah akan jadikan beberapa ketetapan, antara lain:
01.          Allah akan berikan berbagai kaidah yang akurat dengan hujjah yang pasti untuk menhadapi berbagai permasalahan kehidupan ummat manusia (QS:Al-Israa,17 ayat 9), kemudian Allah adakan suatu dinding yang tersembunyi sehingga akan dapat membedakan antara kwalitas mukmin dengan kwalitas kafir dalam kehidupan (QS:Al-Israa,17 ayat 45).
02.          Faham tentang system yang benar menurut Al Qur’an dan As Sunah, karena Allah telah tetapkan kepada RasulNya tentang keberadaannya secara jelas dan pasti pada garis syari`at (QS:Al-Jatsiyah,45 ayat 18).
03.          Allah tunjukkan tentang berbagai amtsal yang tersembunyi dalam kedudukan Al Qu’an yang berbahasa Arab lahjah Quraisy sebagai teropong utama seluruh permasalahan (QS:Az-Zumar,39: ayat 27-28).
c.     Perkataan “laro-ddu ka ila- ma’a-din”, adalah keterkaitan erat dengan janji Allah antara lain:
01.          Bahwa menetapkan janjiNya tentang keberlakuan Hukum Islam atas ummat manusia diseluruh Dunia ini dalam bentuk kemuliaan atas mukmin dan kehinaan atas kafir (QS:At-taubah,9 ayat 33)
02.          Bahwa menetapakan janjiNya tentang runtuhnya seluruh kekuatan kafir deseluruh dunia ini setelah melalui proses dialog antara mukmin dengan kafir (QS:Al-Hasyr,59 ayat 2)
d.    Dengan keberadaan Al Qur’an sebagai rahmat, sehingga keberadaan Rasul ditetapkanNya sebagai Rahmatan lil `alamin (QS:Al-Anbiya,21 ayat 107). Karena itu menuntut kebersihan hati dalam melaksanakann panggilan Allah dan RasulNya secara benar (QS:Al-Anfal,8 ayat 24), sehingga akan dapat membuahkan sosok muslim yang tidak berfihak kepada segala bentuk kezholiman (QS:Hud,11 ayat 113)

Dengan analisa tersebut maka jelas bahwa dengan pemahaman dan proses sosialisasi al Qur’an secara baik dan benar adalah merupakan cara yang dituntunkan Allah menuju bangunan ummat didunia ini atas dasar Hukum Islam secara mutlaq dari petunjuk Al Qur’an dan Al Hadist Shahih.

Memaknai dalam bahasan

Bahwa petunjuk Al-Qur’an dan panduan Rasulullah adalah merupakan gambaran sikap untuk mengantisipasi segala upaya kafir yang dengan jelas berkehendak untuk memadamkan cahaya Islam (QS: As-Shaf,61 ayat 8) dengan berbagai cara(QS:Fushilat,41 ayat 26).Maka dalam melaksanakan dakwah dituntut kemampuannya:
a.    Dengan ketataksanan Al-Qur’an adalah untuk mengatasi dan mengantisipasi segala upaya dari kaum musyrik jahili, yang senantiasa berupaya untuk melakukan penjajahan dan penaklukan terhadap fikiran, jiwa, dan budaya (QS:Al-Furqon,25 ayat 52).
b.    Dengan petunjuk al- Qur’an dengan untuk melemahkan segala tehknik dan gaya kafir yang terpusat pada “suksesi”(pengambilan alihan) dari berbagai penafian manusia dan kemanusiaan melalui berbagai kekejaman yang beralibi (QS: An-Naml,27 ayat 48).
Maka dakwah dengan melaksanakan sosisalisasi al Qur’an dengan sendirinya akan membuat kaum kafir tidak dapat mempertahankan interesnya(kepentingan) sendiri.
Adapun tujuan utama sosialisasi al Qur’an adalah untuk mengajak dan mengatur ummat muslimin dalam menjumput Janji Allah yang pasti dan Maha Benar.


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Risalah Islam eL-MUQOFFA

Template Hits

PopularPosts

Followers